Ekstrak buah anggur mengandung polifenol yang mempunyai sifat antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi. Juga baik untuk kesehatan mata/ Net
Ekstrak buah anggur mengandung polifenol yang mempunyai sifat antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi. Juga baik untuk kesehatan mata/ Net
KOMENTAR

MENGONSUMSI buah-buahan memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Bahkan beberapa orang memanfaatkan buah untuk terapi kanker.

Sejumlah buah dikatakan istimewa, lantaran disebut dalam Al-Qur'an. Mereka mempunyai khasiat luar biasa dan bisa ditanam di sekitar rumah.

Berikut 7 tanaman buah yang disebutkan dalam Al-Qur'an:

1. Buah Tin
Buah ini sangat istimewa dan menjadi nama surat. Buah tin disebut dalam surat At-Tin ayat pertama.

"Demi (buah) tin dan (buah) zaitun"

Dalam ayat tersebut Allah bersumpah dengan buah tin. Karenanya, buah tin disebut juga buah surga.

Tanaman tin memiliki nama latin Ficus Carica. Buah ini dipercaya memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, ekstrak buah tin juga dapat menjadi obat bagi penderita diabetes.

2. Buah Zaitun
Termasuk buah yang disebut dalam beberapa surat, yaitu surat At-atin, An-Nur, Al-An'am, An-Nahl, Al-Mu'minun, dan Abasa. Buah ini sangat diberkahi oleh Allah SWT.

"...yang dinyatakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di timur dan tidak pula di barat, yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api..." (Qs An-Nur: 35)

Buah zaitun kaya manfaat karena mengandung antioksidan.

Buah zaitun merupakan buah yang diberkahi oleh Allah Swt. Merupakan minyak yang sehat dan mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh. Zaitun juga dapat mencegah osteoporosis.

3. Buah Kurma
Kurma identik dengan bulan Ramadhan, karena disajikan sebagai takjil untuk berbuka puasa. Disebutkan beberapa kali dalam Al-Qur'an, seperti dalam surat Al-An'am: 99, Ar-Rad: 4, An-Nahl: 67, dan Maryam: 25.

"Dan dari buah kurma dan anggur, kami membuat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang mengerti." (Qs An-Nahl: 67)

Kurma mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia. Buah kurma muda juga baik dikonsumsi perempuan, karena mengandung vitamin B yang dapat memperkuat persendian rahim.

4. Buah Anggur
"Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untuk kamu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir." (Qs An-Nahl: 11)

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah anggur mampu membantu mengatasi gangguan ginjal. Ekstrak buah anggur mengandung polifenol yang mempunyai sifat antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi. Juga baik untuk kesehatan mata.

5. Buah Delima
Buah delima disebutkan tiga kali dalam Al-Qur'an, yaitu dalam surat Al-An'am: 99 dan 141, surat Ar-Rahman: 68.

"Dialah yang menjadikan tanaman-tanaman yang merambat dan yang tidak merambat, pohon kurma, tanaman yang beraneka ragam rasanya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnamya), dan tidak serupa (rasanya). Makanlah buahnya apabila ia berbuah dan berikanlah haknya (zakatnya) pada waktu memetik hasilnya, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan." (Qs Al-an'am: 99)

Delima juga mempunyai kandungan polifenol yang kaya antioksidan. Buah delima juga mampu mencegah kerusakan pada jantung dan menjaga kadar kolesterol tubuh.

6. Labu
Disebutkan dalam surat As-Shaffat: 146;

"Dan kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu."

Salah satu manfaat labu adalah mampu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Labu mengandung potasium yang dapat memperlebar pembuluh Vena dan arteri, sehingga tekanan darah terjaga.

7. Pisang

"Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)." (Qs Al-Waqiah: 29)




Ana Khairun Minhu

Sebelumnya

Hubbu Syahwat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur